Panduan Cara Install WordPress via DirectAdmin

Install WordPress via DirectAdmin akan menjadi postingan pada kesempatan ini. Tutorial ini dibuat berdasarkan pengalaman pengguna cPanel alternatif yaitu DirectAdmin. Panel ini sangat mudah digunakan dan ringat ketika eksplor semua fiturnya.

Pada minggu lalu saya penasaran dengan panel DirectAdmin sehingga saya mencoba membelinya di hostingan.id untuk menjalankan blog terbaru saya. Jika tertarik bisa lansung mencobanya dengan harga mulai dari Rp.50,000/tahun.

Dalam tutorial ini dibuat untuk memandu Anda jika ingin install WordPress via DirectAdmin langkah demi langkahnya. Diharapkan dapat membantu Anda untuk memulai membuat website WordPress walau masih pemula.

Langkah Install WordPress via DirectAdmin

Tutorial Cara Install WordPress via DirectAdmin

Sebelum mengikuti tutorial ini pastikan Anda sudah mempunyai hosting dengan panel DirectAdmin. Jika belum punya, silahkan order dulu di hostingan.id.

Total Time: 10 menit

  1. Masuk ke Member Area

    Member Area

    Langkah pertama silahkan masuk ke member area dan pilih layanan (service) yang akan di install WordPressnya.

  2. Masuk ke Panel DirectAdmin

    Panel DirectAdmin

    Jika sudah berada di layanan yang akan di install WordPress, selanjutnya klik icon DirectAdmin pada bagian bawah.

  3. Install SSL Certificates

    Install SSL Certificates

    Setelah berada di dalam panel DirectAdmin, langkah selanjutnya adalah install SSL Certificates pada bagian Account Manager. Anda bisa menggunakan SSL gratis Let’s Encrypt untuk mengamankan website.

    Install SSL Let’s Encrypt dapat dilakukan pada domain dan sub domain mana yang akan menggunakan SSL. Rekomendasi sih semua domain dan sub domain di ceklis. Jangan lupa ceklik juga bagian Wildcard dan Force SSL with https redirect. Kemudian klik Save.

    Tunggu beberapa saat sampai proses instalasi SSL selesai.

  4. Pilih WordPress

    Panduan Cara Install WordPress via DirectAdmin

    Langkah berikutnya pilih WordPress pada bagian Softaculous Apps Installer. Setelah di klik Anda akan dibawa ke halaman pengaturan instalasi WordPress. Klik tombol Install WordPress.

    Software Setup
    Pilih WordPress terbaru dan URL yang akan digunakan ada 4 pilihan yang bisa dipilih. Diantaranya adalah sebagai berikut :
    – http://
    – http://www.
    – https://
    – https://www.
    Pilih salah satu anatara https:// dan https://www.

    Kemudian pilih domain yang akan dinstalkan WordPress.

    Site Settings
    Site Name : Berikan nama blog atau website sesuai domain
    Site Description : Isi dengan deskripsi website yang menggambarkan website secara singkat.

    Admin Account
    Admin Username : Pilih username (nama pengguna) yang unik
    Admin Password : Gunakan password yang unik dan tidak mudah ditebak (usahakan kombinasi huruf, karakter dan angka)
    Admin Email : gunakan email yang biasa digunakan.

    Choose Language
    Pilih bahasa Indonesia atau Inggris

    Install
    Tunggu hingga proses install WordPress benar-benar selesai. Setelah selesai proses instalasi, silahkan login (masuk) ke website WordPress baru Anda menggunakan username dan password yang sudah ditentukan sebelumnya.

Sangat mudah bukan cara install WordPress via DirectAdmin ini. Semoga panduan WordPress ini dapat menambah wawasan Anda seputar WordPress.

Jika Anda membutuhkan tutorial lainnya silahkan kunjungi blog tutorial WordPress lainnya atau membutuhkan bantuan untuk dibuatkan blog untuk kebutuhan pendaftaran Google Adsense bisa kontak lansung atau chat di facebook.

2 pemikiran pada “Panduan Cara Install WordPress via DirectAdmin”

  1. Template wordpress ini bisa di bongkar gak ya ka, saya pengen desain template wordpress yang sesuai dengan apa yang saya inginkan.. Kira kira ada tutorialnya ga ka?

    Balas
    • Bisa dong mas, mas bisa bikin tema WordPress sesuai dengan keinginan mas. Atau cara instan pake page builder seperti elementor, divi dan lain-lain

      Balas

Tinggalkan komentar